10 CONTOH SOAL PRINSIP ETIKA KEPERAWATAN UJI KOMPETENSI




1.       Seorang perempuan berusia 27 tahun mengalami sumbatan total jalan napas karena adanya benda padat. Pada saat datang sudah tampak kebiru-biruan dan kesulitan bernapas, tangan pasien memegang lehernya. Setelah melakukan hemlich maneuver tidak berhasil maka diputuskan untuk melakukan Kriko-Tirotomi sehingga perempuan tersebut bisa bernapas lagi kemudian anda langsung membawanya ke Rumah Sakit.

Apakah Prinsip etik pada kasus tersebut?

a.     Justice

b.     Veracity

c.     Autonomy

d.    Beneficience

e.     Non malefecience

 

2.       Seorang pasien trauma kepala karena kecelakaan hingga koma dan dirawat di Intensive Care Unit, setelah mengetahui hasil pemeriksaan dari tim dokter dan hasil laboratorium pasien harus segera dioperasi. Setelah mendapatkan penjelasan dari dokter, keluarga menolak dengan alasan bahwa kemungkinan ada gejala sisa. Akhirnya perawat dan tim menerima keputusan pasien.

Apakah prinsip etik pada kasus tersebut?

a.     Justice

b.     Veracity

c.     Autonomi

d.    Beneficience

e.     Non malefecience

 

3.       Laki-laki berusia 15 tahun baru pertama kali diberikan obat psikotik. Perawat ingin melakukan monitor efek pemberian antipsikotik baik efek yang diinginkan maupun tidak diinginkan.

Apa prinsip etik pada kasus tersebut?

a.     Justice

b.     Veracity

c.     Autonomy

d.    Beneficience

e.     Non malefecience

 

4.       Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang ke poli klinik penyakit dalam dengan keluhan mencret terus menerus selama seminggu. Hasil pengkajian pasien memiliki Riwayat pengguna obat terlarang, berat badan turun drastis sejak 2 bulan  yang lalu. Pasien meminta untuk tidak menyebutkan penyakitnya kepada keluarga, perawat menyetujui permintaan pasien tersebut. Hasil laboratorium CD4+ 350mm3.

Apakah prinsip etik yang dilakukan pada kasus tersebut?

a.     Justice

b.     Veracity

c.     Autonomy

d.     Fidelity

e.     Non malefecience

 

5.       Seorang laki laki berusia 23 tahun dibawa ke UGD dengan trauma kepala karena kecelakaan. Hasil pengkajian didapatkan GCS 8, echimosis dibelakang telinga, rinorhea, orthorea, suara napas snoring. Pasien direncanakan akan dilakukan intubasi, yang ada hanya teman pasien, mereka mengatakan menunggu keluarga pasien. TD 90/60 mmHg, frekuensi napas 29x/menit, frekuensi nadi 108x/menit, suhu 37,2C, saturasi oksigen 83%.

Apakah prinsip etik yang terlibat pada kasus tersebut?

a.     Justice

b.     Freedom

c.     Autonomy

d.    Benefiecence

e.     Nonmaleficence

 

6.       Seorang laki-laki 30 tahun dirawat di Ruang Penyakit Dalam dengan keluhan panas tinggi sejak tiga hari yang lalu. Pemeriksaan laboratorium menunjukan pasien menderita Dengue Hemorrhagic Fever (DHF). Pada saat perawat datang, pasien bertanya tentang hasil pemeriksaan laboratorium tersebut, perawat menjawab “hasilnya baik-baik saja pak”.

Apakah prinsip etik apakah yang dilanggar oleh perawat tersebut?

a.     Nonmaleficence

b.     Beneficence

c.     Autonomy

d.     Veracity

e.     Fidelity

 

7.       Seorang perempuan 30 tahun dirawat di ruang bedah dengan kanker payudara. Hasil pengkajian pasien, pasien direncanakan untuk mendapatkan kemoterapi, pasien menyatakan menolak untuk di lakukan kemoterapi.

Apakah prinsip etik padakasus tersebut?

a.     Beneficiene

b.    Autonomy

c.     Nonmaleficence

d.     Do not harm

e.     Informed concent

 

8.       Seorang perawat mendatangi ruangan pasien yang sedang dirawat di Ruang Perawatan Pasien Bedah, sebelumnya dia datang untuk menjelaskan tindakan kateter yang akan dilakukan pada pasien tersebut. Setelah berjumpa dengan pasien, perawat mengatakan “sesuai dengan kesepakatan kita tadi pak, saya akan melakukan pemasangan kateter sebagai bagian dari persiapan operasi yang akan bapak jalani besok pagi”.

Apakah prinsip etik yang dilakukan oleh perawat?

a.     Nonmaleficence

b.     Beneficence

c.     Autonomy

d.     Veracity

e.     Fidelity

 

9.       Seorang laki-laki berusia 70 tahun dibawa keluarganya ke Rumah Sakit dalam keadaan tidak sadarkan diri, sebelumnya pasien mengeluh sesak napas dan nyeri dada. Hasil pengkajian didapatkan kesadaran pasien somnolen. Pada saat terbangun. Dia berpesan apabila dia mengalami henti jantung, tidak mau dilakukan pertolongan, dia mau meninggal dengan tenang dan damai.

Apakah prinsip etik pada kasus tersebut...

a.     Justice

b.     Veracity

c.     Autonomy

d.     Beneficience

e.     Non malefecience

 

10.   Seorang anak usia 9 tahun dengan retinoblastoma. Dua orang perawat hendak mengganti balutan pada pasien. Sementara perawat mengganti balutan, perawat lainnya mengambil gambar/foto proses tersebut dan mengupload foto tersebut untuk update status di facebook

Apakah prinsip etik yang dilanggar terkait kasus tersebut?

a.     Nonmaleficence

b.     Beneficence

c.     Autonomy

d.     Veracity

e.     Fidelity

 


Posting Komentar

0 Komentar